Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

RSS

ALDI


ALDI
Oleh : Sirojudin Achmad
XII IPS II

Aldi, seorang anak kecil yang tidak tahu harus kemana dan siapa orang tuanya. Ia selalu berfikir dalam benaknya “bisakah aku bertemu orang tuaku?” setiap hari ia hidup di jalan dan mencari nafkah dengan mengamen di bus-bus kota dengan gitar mungil yang ia punya.

            Aldi tidak tahu dari mana asalnya, ia hanya hidup dengan teman-teman jalanannya. Suatu ketika, dikala Aldi mengamen di bus kota, ada seorang ibu setengah baya yang terus memperhatikan gerak-gerik aldi. Dan setelah usai ia mengamen, aldi langsung menghampiri para penumpang dengan mengharapkan pemberian uang dari para penumpang.
            Disaat Aldi menghampiri ibu-ibu setengah baya tadi, sontak ibu itu dibuat kaget dan terharu oleh gelang yang di kenakan di tangan Aldi. Ia teringat pada anaknya yang dulu hilang ketika bayi, dan hanya gelang yang ia menempel di tangan anaknya dulu dan sangat percis dengan gelang yang dikenakan oleh Aldi si pengamen kecil itu. Ia hanya terdiam menahan keharuan yang luar biasa, karena selama ini ia mencari-cari dimana anaknya yang dulu hilang ketika bayi.
            Dirasa sudah cukup mengamen di dalam bus tersebut, Aldi langsung turun diikuti dengan ibu yang turun dari bus dan lantas memanggilnya, aldi langsung menghampiri ibu yang memanggilnya dan bertanya “ada apa bu.?” Tanya aldi sedikit bingung. “maaf nak, bolekah saya melihat gelang yang kamu pakai.?” Tutur ibu dengan air mata yang dari tak hentinya mengalir dari tadi. Aldi langsung memberikan gelangnya, dan ibu memperhatikan dengan cermat gelang milik bocah itu. Ia sangat terkejut, kala ia menemukan ukiran “ALDI” di gelang milik bocah yang ada di hadapannya. “apakah ini milikmu nak.?” Selidik ibu dengan sedikit terbata-bata. “itu milik saya, gelang itu yang melekat dari kecil di tangan saya” jawab Aldi polos. Sontak tangisan ibu menjadi pecah dan langsung memeluk erat Aldi sambil menangis penuh dengan keharuan. “kau anak ibu Aldi”. Aldi hanya ikut menangis terharu, karena ia telah bertemu kembali dengan orang tuanya yang selalu ia rindukan setiap hari di jalanan.

NB. Kerangka Cerpen
Judul    : ALDI
Tokoh  : Aldi dan Ibu
Watak  : Protagonis
Latar    : Bus Kota dan Jalanan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar